Thursday, March 26, 2015

Day 2 - Play with Origami

Community Program
Nama : Richard 
Nim : 1801389326
Jurusan : Sistem Informasi 
Tanggal : 25 maret 2014
Kegiatan : Play with origami
Nilai Pancasila yang didapat : Saling berkerja sama
Nama Lokasi : PAUD BOGENVILLE , Kedoya
Jumlah anak : 50 anak
Hasil :

Hari rabu tanggal 25 maret 2015 kemarin , merupakan hari kedua mengajar di PAUD Bougenville. Kami kumpul pk 07.20 di anggrek , tapi seperti biasa , saya datang telat , jadi pada pk 07.40 kami baru berangkat ke PAUD tersebut . Kami akan mengajar pada pk 08.30 , lalu kami tiba di sana pada pk 08.15. Kelas PAUD terbagi menjadi 2 shift , dimana yang pagi beumur 3-4 tahun . dan siang berumur 5-6 tahun . Lalu sebelum dimulai kami berdiskusi dulu , untuk mengatur rencana mengajar.


Kelas dimulai , kami membagi kelas, menjadi 2 kelompok ,yaitu kelompok A yang diajar oleh Leo , Windy ,Bella dan Apriansa , lalu kelompok B oleh Inka , William , Indra dan juga saya.  Dimulai dengan memperkenalkan nama warna melalui origami ,dan ternyata anak-anak sudah pandai mengetahui nama warna . Lalu  kami langsung mengajak anak-anak untuk bermain melipat origami. Lalu kami membentuk kelompok kecil dengan anak-anak , dimana saya mengajarkan cara membuat pesawat melalui origami , teman-teman yang lain juga mengajarkan banyak bentuk , seperti gajah , kodok , dinosaur , dan lain-lain.Tidak terasa , kelas Shift pagi sudah selesai , dan kami berfoto dengan hasil karya mereka. Lalu kami menyanyikan bersama lagu sebelum pulang , dan ditutupi dengan doa. 

Lalu kelas diganti dengan shift siang , tapi kami beristirahat dulu , dan yang mengajar guru PAUD disana. Setelah selesai beristirahat , kami melanjutkan mengajarkan dengan materi yang sama yaitu pengenalan warna dan bermain melipat origami. Disaat kami mengajar, tiba-tiba hujan turun , dan kami menyanyikan lagu hujan bersama anak-anak PAUD. Setelah selesai mengajarkan , kami memberikan waktu istirahat untuk anak-anak . 



Setelah selesai instirahat ,kami memberikan tantangan kepada anak-anak , untuk maju kedepan menyanyikan sebuah lagu , dimana akan mendapatkan permen . Lalu anak- anak banyak yang maju , dan bernyanyi sangat kencang . Kami membagikan permennya dan tidak lupa berfoto bersama.
Waktu sudah semakin siang , dan anak-anak akan segera pulang , tidak lupa kami , bernyanyi bersama dan berdoa pulang. Selesai Paud pada hari ini , sampai ketemu lagi hari jumat. 












No comments:

Post a Comment